GARUDA TEMBAGA


Selamat datang di KARYA LOGAM ADHIGUNA, produsen sekaligus supplier kerajinan tembaga atau kuningan berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau dan terpercaya. Kami adalah pengrajin spesialis logam tembaga dan kuningan yang menghasilkan berbagai macam produk kerajinan artistik dan antik dengan nilai seni yang tinggi. Telah banyak produk kerajinan tembaga dan kuningan yang kami produksi, diantaranya replika pintu masjid nabawi, lampu gantung, lampu hias, lampu taman, kubah masjid, kaligrafi, chafing dish, patung, logo dan masih banyak lagi yang lainnya. Segala macam produk yang dihasilkan merupakan karya para ahli dalam tim kami yang dikerjakan secara manual atau handmade. Pengerjaan dilakukan secara handmade dimaksudkan untuk menjaga keorisinilan produk kerajinan dan menjaga tradisi turun-temurun dari leluhur, dimana ilmu yang diajarkan pendahulu tidak hilang dimakan jaman. Komitmen kami adalah menjaga warisan budaya leluhur sebagai bekal generasi penerus agar tradisi yang sudah ada selama ini tidak lantas hilang seiring perkembangan masa.


Rumah produksi KARYA LOGAM ADHIGUNA kembali menghadirkan produk unggulan serta kreasi dan inovasi baru kerajinan tembaga dan kuningan. kali ini kami presentasikan hasil karya seni patung berupa kerajinan garuda tembaga atau kuningan. Garuda yang kami maksudkan di sini adalah burung lambang negara Republik Indonesia. Lambang negara Indonesia adalah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Lambang negara Indonesia berbentuk burung Garuda yang kepalanya menoleh ke sebelah kanan heraldik, perisai berbentuk menyerupai jantung yang digantung dengan rantai pada leher Garuda, dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “Berbeda-beda tetapi tetap satu” ditulis di atas pita yang dicengkeram oleh Garuda. Lambang ini dirancang oleh Sultan Hamid II dari Pontianak, yang kemudian disempurnakan oleh Presiden Soekarno, dan diresmikan pemakaiannya sebagai lambang negara pertama kali pada Sidang Kabinet Republik Indonesia Serikat tanggal 11 Februari 1950. Lambang negara Garuda Pancasila diatur penggunaannya dalam Peraturan Pemerintah No. 43/1958. Burung ini dijadikan lambang negara Indonesia sebab memiliki arti yang sangat baik, yang mencerminkan akan kekuatan, kemegahan, serta kejayaan bangsa Indonesia dalam mengusir para penjajah yang ingin menguasai kekayaan alam Tanah Air.


Burung Garuda Pancasila merupakan benda yang penting di setiap bangunan atau ruangan yang berkaitan dengan pemerintahan. Bukan hanya sebagai hiasan semata, namun juga sebagai bentuk penghormatan kepada negara. Diwajibkan ada atau dipasang dengan bersandingkan foto presiden dan wakil presiden di kiri dan kanannya. Ketika Anda sedang berada di sebuah tempat seperti sekolah, instansi pemerintahan, museum, kantor, bank atau instansi militer akan menemukan sebuah patung garuda. Bahkan tidak sedikit orang yang menghiasi rumahnya dengan memakai patung burung garuda. Selain karena jiwa serta rasa patriotisme dan nasionalisme, pemasangan lambang burung garuda pancasila juga sebagai penghias ruangan. Ruangan atau gedung akan terlihat lebih gagah dengan adanya patung burung garuda. Ada yang memasangnya di dalam ruangan atau indoor, ada pula yang meletakkkannya di luar ruangan atau outdoor. Untuk yang indoor umumunya burung garuda yang dipasang berwujud seni dua dimensi, walau tidak menutup kemungkinan ada yang memasang wujud tiga dimensi tetapi jarang mengingat ukuran ruangannya sendiri. Bahannya juga variatif, ada yang berupa media kayu, kertas maupun logam. Khusus yang diletakkan atau dipasang di luar ruangan, biasanya berwujud tiga dimensi atau berwujud patung utuh.

Patung burung garuda yang terdapat sekarang ini terbuat dari berbagai macam bahan seperti gypsum, semen, batu, kayu, kertas, porselin dan logam. Produk yang berasal dari macam-macam jenis bahan tadi tentu mempunyai nilai jual yang berbeda-beda. Hal ini karena harga bahan dasarnya berbeda serta kualitas yang berbeda pula. Garuda dalam wujud dua dimensi umumnya menggunakan media kertas, dipasang dalam sebuah bingkai yang berkaca, untuk menambah nilai seni dan keindahannya. Media kayu juga termasuk fleksibel dibentuk berbagai macam bentuk tiga dimensi, akan tetapi ketahanan dan kekuatannya terbatas, karena lama kelamaan akan lapuk termakan usia.

Produk kerajinan garuda tembaga dan kuningan kami ini termasuk dari desain original dari Jaya Art Galery. Replika atau patung Garuda tembaga yang kami produksi terdiri dari dua bentuk, yaitu bentuk dua dimensi dan bentuk tiga dimensi. Kami memakai pedoman sesuai peraturan pemerintah dalam proses produksi dari garuda tembaga yang desainnya sudah sering kita lihat di instansi pemerintah ataupun militer. Bentuk dua dimensi lazim dipasang di dalam ruangan dan bentuk tiga dimensi umum dipasang di luar ruangan. Garuda Pancasila dari tembaga atau kuningan menjadi pilihan tersendiri, karena hasilnya jauh lebih unggul dibandingkan material lainnya. Di KARYA LOGAM ADHIGUNA, anda bisa mendapatkan produk kerajinan garuda tembaga kuningan dengan variasi warna dan ukuran yang anda kehendaki sesuai kebutuhan dan keinginan. Produk garuda tembaga kami menggunakan dua sistem, yaitu pembuatan secara utuh dan knock-down alias bongkar pasang. Diproduksi langsung oleh pengrajin garuda tembaga yang telah berpengalaman bertahun-tahun, produk yang yang dihasilkan dapat dipastikan berkualitas, kuat dan cantik.  Lokasi kami yang berada di desa Tumang, Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah, merupakan pusat kerajinan tangan tembaga dan kuningan. Produk kerajinan tembaga garuda Boyolali sudah sangat terkenal di seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri.

Garuda pancasila hasil karya kami dibuat dari bahan tembaga kuningan murni tanpa campuran bahan lainnya. Setiap pola diukur dengan sangat teliti dan detail hingga menghasilkan bentuk garuda yang bagus dan berkualitas. Bahan tembaga kuningan merupakan logam yang tak mudah berkarat, sehingga memiliki ketahanan dan umur yang lebih panjang. Produk pun juga tidak akan mudah pecah jika terjatuh, terkena benturan dan lain-lain.  Bahan utama yang kami pakai adalah lembaran–lembaran plat, bukan tembaga yang di lebur atau biasa di sebut cor, jadi dapat dengan mudah dibentuk dan diolah dengan detail dalam setiap lekukan dan bentuknya. Proses produksi daripada patung garuda tembaga yaitu dengan cara ditempa dan dipahat. Pengelasan dilakukan untuk menyambungkan bagian–bagian yang sudah di bentuk atau di tempa menjadi satu kesatuan produk. Bagian yang sudah menjadi satu kemudian diamplas agar menjadi lebih halus dan menghilangkan bekas pembentukan saat melewati proses tempa dan pahat. Proses finishing sendiri memakai metode pewarnaan secara kimiawi atau semprot. Proses kimia disini menggunakan cara oksidasi logam untuk mendapatkan warna sesuai bahan kimia yang dipakai. Sedangkan cat semprot menyesuaikan warna standar yang ada atau costum sesuai pesanan. Dari kedua sistem pewarnaan tadi akan melewati tahap terakhir yaitu coating. Coating dimaksudkan untuk memberi lapisan paling luar, guna menjaga ketahanan dan keawetan produk dengan varian warna mengkilap hingga warna dasar. Tetapi semuanya akan kembali kepada keingininan konsumen bagaimana warna yang akan diaplikasikan nantinya. Harga lambang garuda tembaga produksi Karya Logam Adhiguna memakai standar ukuran dan bentuk serta jumlah pesanan.

Kami menyediakan pilihan produk paling lengkap dengan model terbaru mengikuti perkembangan dan permintaan pasar. Kami juga memberikan penawaran harga terbaik dengan mengutamakan jaminan kualitas produk kerajinan yang dihasilkan. Demi memenuhi apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh setiap pelanggan, kami juga menerima pemesanan desain khusus atau custom tanpa ketetapan batas minimal dalam setiap pemesanan, sehingga anda bisa memesan produk kami berapapun jumlahnya. Dengan jangkauan yang luas, kami melakukan pengiriman pesanan ke seluruh wilayah Indonesia hingga mancanegara dengan jaminan barang sampai di tempat tujuan. Adalah tepat jika anda memilih kami sebagai produsen kerajinan tembaga dan kuningan kebutuhan anda.

Terima kasih sudah mengunjungi website kami. Untuk pemesanan secara online silakan hubungi:



wa